Tujuan dan Fungsi Publik Relations



Tujuan dan Fungsi Publik Relations

 Sebelum masuk kedalam penjelasan mengenai tujuan dan fungsi publik relations tentunya kita harus mengetahui apa itu public relations Public relations adalah memberikan informasi secara langsung dan persuasif kepada publik agar merubah tindakan dan sikap publik dapat berintegrasi dengan tindakan dan sikap publik dari suatu institusi atau instansi. Dari pengertian ini jelas terlihat bahwa peran seorang public relation yaitu memberikan informasi kepada publik. Tujuannya adalah mengajak publik agar mau mengubah tindakan dan sikap sesuai dengan yang diinginkan oleh seorang public relation.
Istilah public relations yang dikenal sekarang ini, secara sederhana disebut juga Hubungan masyarakat atau bisa juga disingkat Humas. Hubungan masyarakat (Humas) atau public relations pada hakikatnya adalah aktivitas. Sehingga tujuan hubungan masyarakat (Humas) atau public relations dapat dianalogikan dengan tujuan komunikasi.
Tujuan utama dari public relation adalah mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana persepsi, sikap dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan.
Menurut S Steinberg tujuan dari public relation adalah menciptakan opini publik yang menyenangkan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh badan atau perusahaan yang bersangkutan.
Jefkins (2003, p.54) mendefinisikan dari sekian banyak hal yang bisa dijadikan tujuan public relation sebuah perusahaan, beberapa diantaranya yang pokok adalah Untuk mengubah citra umum di mata masyarakat sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan, meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai, untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan, memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas, serta membuka pangsa pasar baru, mempersiapkan dan mengkondisikan masyarakat bursa saham atas rencana perusahaan untuk menerbitkan saham baru atau saham tambahan, memperbaiki hubungan antar perusahaan itu dengan masyarakatnya, sehubungan dengan telah terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah paham di kalangan masyarakat terhadap niat baik perusahaan, mendidik konsumen agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk perusahaan, meyakinkan masyarakat bahwa perusahaan mampu bertahan atau bangkit kembali setelah terjadinya suatu krisis, meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dalam menghadapi resiko pengambilalihan oleh pihak lain, dll.
Dari paparan di atas jelas bahwa tujuan dari public relation adalah menciptakan opini public mengenai keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi, sehingga mendaatkan citra atau pandangan baik di mata masyaraka.
Fungsi dasar dari public relations adalah membentuk dan membina hubungan baik dengan tercitanya hubungan yang baik maka, terciptalah kinerja dan kualitas kerja yang baik guna mencaai keuntungan bagi institusi tersebut.
Cutlip & Center and Canfield merumuskan fungsi public relations yaitu Menjunjung aktifitas utama manajemen dalam mencapai tujuan organisasi, mencitakan komunikasi dua arah secara timbalbalik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik kepada perusahaan, melayani keinginan publiknya dan memberikan sumbangan saran kepada pimpinan manajemen demi untuk tujuan dan manfaat bersama, membina hubungan secara harmonis antara organisasi dan publik, baik internal dan eksternal.
Ada tiga fungsi dari public relation menurut Bertrand R Canfield yaitu mengabdi kepada kepentingan umum, memelihara hubungan yang baik, menitikberatkan moral dan tingkah laku yang baik.
Menurut Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. fungsi Public Reletions Officer (PRO) ketika menjalankan tugas-tugas dan oprasionalnya ,baik sebagai komunikator dan mediator, maupun organisator adalah sebagai penunjang kegiatan dalam mencapai tujuan organisasi, melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum, oprasionalisasi dan organisasi dengan publiknya untuk mencegah terjadinya rintangan psikologi yang timbul dari pihak organisasi mauun dari pihak publik.
Fungsi utama dari public relation menurut Anne Can Der Meiden  adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara organisasi dengan publiknya baik internal mauun eksternal, menanamkan pengertian, dan meningkatkan partisiasi public, dan mencitakan opini public yang menguntungkan organisasi dan publik.
Jadi fungsi public relation dalam suatu organisasi atau perusahaan adalah mencitakan komunikasi dua arah secara timbalbalik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan melayani keinginan public agar tercitanya hubungan baik antara publik dan perususahaan atau organisasi.


DAFTAR PUSTAKA

Elvinaro, Aldianto dan Soemitra, Soleh.2003. Dasar-Dasar Public Relations.Jakarta: PT Remaja Rosadakarya
Kusumastuti, Frida. 2014. Dasar-Dasar Humas. Bogor : Ghalia Indonesia
Lubis Suwardi. 2001. Public Relation Dalam Kontrak Survey Dan Penelitian. USU Press
Ruslan Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Maria Assumpta Rumianti Sr. 2002. Dasar-dasar Public Relation Teori dan Praktik. Jakarta: PT Grafindo
Suhandang Kustadi. 2004. Public Relation Perusahaan. Bandung: Nuansa 2004.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPANYE PUBLIC RELATIONS (PR)

PENENTUAN TARGET DAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS

profil, macam-macam, dan pola public relation (pr)