Tujuan dan Fungsi Publik Relations
Tujuan dan Fungsi Publik Relations
Sebelum
masuk kedalam penjelasan mengenai tujuan dan fungsi publik relations tentunya kita harus mengetahui apa itu public
relations Public relations adalah memberikan informasi secara
langsung dan persuasif kepada publik agar merubah tindakan dan sikap publik
dapat berintegrasi dengan tindakan dan sikap publik dari suatu institusi atau
instansi. Dari pengertian ini jelas terlihat bahwa peran seorang public
relation yaitu memberikan informasi kepada publik. Tujuannya adalah mengajak
publik agar mau mengubah tindakan dan sikap sesuai dengan yang diinginkan oleh
seorang public relation.
Istilah public relations yang dikenal sekarang
ini, secara sederhana disebut juga Hubungan masyarakat atau bisa juga disingkat
Humas. Hubungan masyarakat (Humas) atau public relations pada hakikatnya adalah
aktivitas. Sehingga tujuan hubungan masyarakat (Humas) atau public relations
dapat dianalogikan dengan tujuan komunikasi.
Tujuan
utama dari public relation adalah
mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling
berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana persepsi, sikap dan
opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan.
Menurut S
Steinberg tujuan dari public relation
adalah menciptakan opini publik yang menyenangkan tentang kegiatan-kegiatan
yang dilakukan oleh badan atau perusahaan yang bersangkutan.
Jefkins
(2003, p.54) mendefinisikan dari sekian banyak hal yang bisa dijadikan tujuan public relation sebuah perusahaan,
beberapa diantaranya yang pokok adalah Untuk mengubah citra umum di mata
masyarakat sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh
perusahaan, meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai, untuk
menyebarluaskan suatu cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada
masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan, memperkenalkan perusahaan kepada
masyarakat luas, serta membuka pangsa pasar baru, mempersiapkan dan
mengkondisikan masyarakat bursa saham atas rencana perusahaan untuk menerbitkan
saham baru atau saham tambahan, memperbaiki hubungan antar perusahaan itu
dengan masyarakatnya, sehubungan dengan telah terjadinya suatu peristiwa yang
mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah paham di kalangan masyarakat
terhadap niat baik perusahaan, mendidik konsumen agar mereka lebih efektif dan
mengerti dalam memanfaatkan produk-produk perusahaan, meyakinkan masyarakat
bahwa perusahaan mampu bertahan atau bangkit kembali setelah terjadinya suatu
krisis, meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dalam menghadapi resiko
pengambilalihan oleh pihak lain, dll.
Dari paparan
di atas jelas bahwa tujuan dari public
relation adalah menciptakan opini public mengenai keberhasilan suatu perusahaan
atau organisasi, sehingga mendaatkan citra atau pandangan baik di mata
masyaraka.
Fungsi
dasar dari public relations adalah
membentuk dan membina hubungan baik dengan tercitanya hubungan yang baik maka,
terciptalah kinerja dan kualitas kerja yang baik guna mencaai keuntungan bagi
institusi tersebut.
Cutlip
& Center and Canfield merumuskan fungsi public
relations yaitu Menjunjung aktifitas utama manajemen dalam mencapai tujuan
organisasi, mencitakan komunikasi dua arah secara timbalbalik dengan
menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik
kepada perusahaan, melayani keinginan publiknya dan memberikan sumbangan saran
kepada pimpinan manajemen demi untuk tujuan dan manfaat bersama, membina
hubungan secara harmonis antara organisasi dan publik, baik internal dan
eksternal.
Ada tiga
fungsi dari public relation menurut
Bertrand R Canfield yaitu mengabdi kepada kepentingan umum, memelihara hubungan
yang baik, menitikberatkan moral dan tingkah laku yang baik.
Menurut
Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. fungsi Public Reletions Officer (PRO) ketika menjalankan tugas-tugas dan
oprasionalnya ,baik sebagai komunikator dan mediator, maupun organisator adalah
sebagai penunjang kegiatan dalam mencapai tujuan organisasi, melayani publik
dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum, oprasionalisasi dan
organisasi dengan publiknya untuk mencegah terjadinya rintangan psikologi yang
timbul dari pihak organisasi mauun dari pihak publik.
Fungsi
utama dari public relation menurut
Anne Can Der Meiden adalah menumbuhkan
dan mengembangkan hubungan baik antara organisasi dengan publiknya baik internal
mauun eksternal, menanamkan pengertian, dan meningkatkan partisiasi public, dan
mencitakan opini public yang menguntungkan organisasi dan publik.
Jadi
fungsi public relation dalam suatu
organisasi atau perusahaan adalah mencitakan komunikasi dua arah secara
timbalbalik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan
melayani keinginan public agar tercitanya hubungan baik antara publik dan
perususahaan atau organisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Elvinaro, Aldianto dan Soemitra,
Soleh.2003. Dasar-Dasar Public Relations.Jakarta: PT Remaja Rosadakarya
Kusumastuti, Frida. 2014. Dasar-Dasar
Humas. Bogor : Ghalia Indonesia
Lubis Suwardi. 2001. Public Relation
Dalam Kontrak Survey Dan Penelitian. USU Press
Ruslan Rosady. 2005. Kiat dan
Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Maria Assumpta Rumianti Sr. 2002. Dasar-dasar
Public Relation Teori dan Praktik. Jakarta: PT Grafindo
Suhandang Kustadi. 2004. Public Relation
Perusahaan. Bandung: Nuansa 2004.
https://mylifeinspirationblog.wordpress.com/2011/02/12/tujuan-dan-fungsi-public-relation/di akses 15 november 2017

Komentar
Posting Komentar