KEDUDUKAN PUBLIK RELATIONS KORPORAL



KEDUDUKAN PUBLIK RELATIONS KORPORAL

Public Relations menurut Suhandang memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan perusahaan dengan cara mengembangkan sikap saling menghargai dan memperoleh opini publik yang mendukung atau menciptakan kerja sama berdasarkan hubungan kedalam maupun keluar.
Kedudukan public relations (pr) memperoleh reaksi dan tanggapan publik sehingga mencapai suasana akrab, saling mengerti, dan muncul suasana yang menyenangkan dalam interaksi perusaahaan dengan publik. Penyesuaian yang menciptakan hubungan yang harmonis dimana satu sama lain saling memberi dan menerima hal-hal yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.
Menurut John Tondowijojo, bila humas diakui sebagai bagian jajaran kebijakan pimpinan, maka humas harus berada langsung di bawah direksi. Humas harus mampu menyampaikan kebijaksanaan pimpinan, sehingga ia harus langsung berada di pihak yang berhubungan dengan pimpinan seluruh jajaran manajemen.
Kedudukan public relations (pr) sejatinya memperoleh reaksi dan tanggapan publik sehingga mencapai suasana internal maupun ekternal yang akrab, saling mengerti, dan muncul suasana yang menyenangkan dalam interaksi perusaahaan dengan publik.
Kedudukan public relations (pr)  dalam organisasi adalah sebagai divisi public relations (pr) harus jelas pengorganisasiannya (struktur organisasi, wewenang, job description, tanggungjawab, serta sistem kerjanya),sebagai struktur yang ideal berada di tingkat top level bila lihat dari fungsi, tujuan dan peranan pr, dan ditingkat top divisi public relations (pr)  dikepalai oleh direktur public relations (pr) dengan beberapa manajer, kepala bagian dan staf.
Dalam praktik terdapat berbagai macam kedudukan pr dalam organisasi: mandiri (divisi public relations pr), di bawah corporate secretary, bagian umum dll. pada organisasi kecil, public relations (pr) umumnya dijabat sekaligus oleh pimpinan organisasi tersebut. Dilihat dari tingkatan Strukturnya, divisi public relations (pr) ada yang berada di level atas, menengah maupun bawah (lower) .
Pada setiap organisasi modern, public relations adalah fungsi manajemen di samping fungsi staf. Kekuasaan dan pengaruhnya langsung berkatian dengan dua faktor yaitu pertama, kegiatan public relations akan efektif hanya apabila kepala departemennya mempunyai akses langsung menuju manajemen puncak dan diwakili oleh komite inti pembuat kebijakan. Cara yang lebih disukai adalah departemen public relations mempunyai peran penasihat wajib. Kedua, pimpinan public relations harus setara dalam status dan pangkat dengan kepala departemen lain. Adalah penting bahwa semua mempunyai nama jabatan yang sama. Apabila kepala departemen lain berada pada tingkat wakil presiden, misalnya, kepala public relations pun harus berada pada tingkat tersebut.
Tidak semua perusahaan menyadari nilai bentuk organisasi ini. Pada beberapa perusahaan, direktur public relations melapor langsung pada wakil presiden pemasaran atau advertensi. Pengaturan seperti ini menggambarkan bahwa organisasi bersangkutan mengartikan fungsi public relations secara sempit. Departemen ini memusatkan perhatian pada publisitas produk, dan mengakibatkan kegiatan penting lain.
Perusahaan besar lain mempunyai wakil presiden bidang komunikasi perusahaan yang mengawasi komunikasi pemasaran, advertensi dan public relations. Penataan ini cenderung berfungsi lebih baik, karena manajer atau direktur dari ketiga departemen ini mempunyai status yang sama dan melapor pada satu orang secara tersentralisasi. Orang ini lalu mengkoordinasi strategi komunikasi total setelah menimbang rekomendasi dari ketiga bawahannya.








DAFTAR PUSTAKA
https://debyriawan25.blogspot.co.id/2017/11/kedudukan-public-relations.html diakses 15-11-2017
Suhandang, Kustadi. 2004. Public Relation Perusahaan. Nuansa. Bandung.
Tondowidjojo, John. 2002. Dasar dan arah Publik Relations. Grasindo. jakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPANYE PUBLIC RELATIONS (PR)

PENENTUAN TARGET DAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS

profil, macam-macam, dan pola public relation (pr)