PENENTUAN TARGET DAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS




PENENTUAN TARGET DAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, menidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.
Pengertian strategi public relations menurut Ahmad S. Adnanputra, adalah alternatif optional yang dipilih untuk ditempuh guna menapai tujuan public relations dalam kerangka suatu rencana public relations (public relations plan).
Ahmad S. Adnanputra, M.A., M.S., mengatakan bahwa arti strategi adalah bagian terpadu dari suatu rencana (plan), sedangkan rencana merupakan produk dari suatu perencanaan (planning), yang pada akhirnya perencanaan adalah salah satu fungsi dasar dari proses manajemen.
Strategy dari public relations (pr) menurut Pearce dan Robinson adalah untuk menentukan misi perusahaan, mengembangkan company profile, penilaian terhadap lingkungan ekstern perusahaan, baik dari segi semangat kompetitif maupun secara umum, analisis terhadap peluang yang teredia dari lingkungan.
Adapun strategi public relations (pr) dalam meningkatkan citra suatu usaha atau bisni adalah sebagai berikut: Komunikasi transparan dengan karyawan sehingga mereka mengerti danmendukung perusahaan, dan Bekerja sama dengan pihak lain dalam industri sejenis untuk memperbaiki stabilitas di dalam pasar, Solusi terbaik untuk kepentingan konsumen dalam jangka panjang.
Landasan umum dalam proses penyusunan strategi public relations (pr), menurut Ahmad S. Adnanputra dalam makalah “PR Strategy” (1990), yang berkaitan dengan fungsi-fungsi public relations (pr) atau humas secara integral melekat pada manajemen suatu perusahaan atau lembaga, yaitu Mengidentifikasi permasalahan yang muncul, Identifikasi unit-unit  sasarannya, Mengevaluasi mengenai pola dan kadar sikap tindak unit sebagai sasaranya, Mengidentifikasi tentang struktur kekuasaan pada unit sasaran, Pemilihan opsi atau unsur taktikal strategi public relations, Mengidentifikasi dan evaluasi terhadap perubahan kebijaksanaan atau peraturan pemerintah dan lain sebagainya.
Strategi public relations (pr) di klasifikasikan kedalam strategi generik. Istilah strategi dikemukakan oleh Porter, bahwa strategi generik adalah suatu pendekatan perusahaan dalam rangka mengungguli pesaing dalam industri sejenisnya.
Macam-macam strategi generik menurut Wheleen dan Huger yaitu: Strategi Stabilitas, Strategi Ekspansi, Strategi Penciutan.
Strategi Stabilitas menekankan pada bertambahnya produk pasar dan fungsi-fungsi perusahaan lain, sebab perusahaan berusaha untuk meningkatkan efisiensi di segala bidang dalam rangka meningkatkan kinerja dan keuntungan.
Strategi Ekspansi menekan pada penambahan produk, pasar dan fungsi-fungsi perusahaan  yang lain  sehingga aktivitas dan keuntungan akan meningkat.
Strategi Penciutan melakukan pengurangan atas pasar maupun fungsi-fungsi dalam perusahaan khususnya yang mempunyai cash flow negatif. 
Public Relations profesional dalam pengelolaan sasaran/target yang hendak dicapainya melakukan pengadopsian tehnik-tehnik Management of Objective (MBO) dan Management by Objective of Result (MOR) untuk membantu kualitas nilai Public Relations dalam suatu organisasi.
MBO dapat memberikan profesional Public Relation dengan sumber umpan yang sangat kuat. MBO dan MOR berhubungan dengan hasil-hasil Public Relations untuk penentuan target awal manajemen. Adapun poin-poin dalam MBO menurut Sholeh Soemirat dan Elvinaro Ardianto (2003:98) yaitu: Spesifikasi tujuan-tujuan organisasi dengan mencapai target penampilan organisasi, Konferensi antara superior dan subordinate (bawahan)  untuk menyepakati terhadap pencapaian tujuan, Kesepakatan antara atasan dan bawahan pada target yang konsisten dengan tujuan-tujuan organisasi, Pengkajian secara periodik oleh atasan dan bawahan untuk menilai kemajuan pencapaian tujuan.
kunci penggunaan MBO secara efektif dalam tugas Public Relations  dapat di pecah ke dalam tujuan tahap secara kritis  yaitu: Memiliki batasan dan misi kerja, Menetapkan kunci areal keberhasilan (hasil) dalam jangka waktu tertentu, berupaya dan berkepribadian, Identifikasi fakto-faktor menentukan tindakan pada target yang telah ditentukan, Meletakan target/menetapkan hasil yang akan dicapai,  Persiapan perencanaan secara taktis untuk mencapai target khusus, termasuk  : Pemrograman untuk memantapkan suatu rangakain tindakan untuk mengikutinya. Penjadwalan waktu yang dibutuhkan bagi setiap tahapan Penganggaran untuk menugaskan sumber daya yang dperlukan bagi pencapaian tujuan Pemantapan pertanggung jawaban secara individu untuk pencapaian target/sasaran Pengkajian dan rekonsiliasi (perdamaian) melalui suatu prosedur testing untuk membawa kemajuan, Pemantapan keputusan dan peraturan untuk mengikutinya, Pemantapan prosedur untuk menangani pekerjaan.


DAFTAR PUSTAKA
Ruslan Rosadi. 2014. Manajemen Public Relations Dan Media Komunnikasi Konsep dan Aplikasinya (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada
 Husein Umar (2003). Strategic Manajemen of Strategic PR. Bandung: Gramedia  Pustaka  Utama.
http://cucunermi.blogspot.co.id/2016/05/strategi-public-relations.html. di akses 11 november 2017
http://apkeliat.blogspot.co.id/2011/07/strategi-dan-pengelolaan-target-public.html . di akses 11 november 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPANYE PUBLIC RELATIONS (PR)

profil, macam-macam, dan pola public relation (pr)