MEDIA PUBLIC RELATION
MEDIA PUBLIC RELATION
![]() |
| senja disore hari dikota selimbau |
Secara
etimologi kata “media” merupakan bentuk jamak dari “medium” yang berasal dan
Bahasa Latin “medius” yang berarti tengah. Dan sedangkan dalam Bahasa
Indonesia, kata “medium” dapat diartikan sebagai “antara “atau “sedang”
sehingga pengertian media dapat mengarah pada sesuatu yang mengantar atau
meneruskan informasi “pesan” nantara sumber “pemberi pesan” dan penerima pesan.
Media dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dpaat digunakan
dalam suatu proses penyajian informasi.
Dalam
hal ini sitilah media mula-mula dikenal dengan alat peraga, kemudian dikenal dengan
istilah audio visual aids “alat bantu pandang/dengar”, yang selanjutnya disebut
instructional materials “materi pembelajaran” dan kini istilah yang lazim
digunakan dalam dunia pendidikan nasional ialah instructional media “media
pendidikan atau media pembelajaran”.
Media
Humasatau media public relation adalah
segala bentuk media(sarana/saluran/channel) yang digunakan praktisi humas dalam
pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang luas agar produk atau jasa yang humas
pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.
Media
humas bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang
penting digunakan humas atau adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak
atau elektronik) dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press
relations (hubungan pers).
Dalam public relations (pr), para praktisinya dalam melakukan kegiatan pasti ada yang
berhubungan dengan media massa, karena hal itu sendiri termasuk yang mendukung
strategi dari para praktisi PR. Hubungan dengan media massa yang dilakukan oleh
praktisi public relations (pr) dikenal dengan sebutan media relations. Karena media relations mendukung strategi praktisi public relations (pr), oleh karena itu kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan
yang penting untuk dilakukan praktisi public
relations (pr).
Seorang public relations (pr), dalam pekerjaannya pasti memiliki tujuan – tujuan yang harus
ia capai. Salah satu cara agar tujuannya dapat tercapai, maka seorang public relations (pr)harus bisa menjangkau stakeholdernya, dalam hal ini masyarakat,
dimana mereka berada di lokasi yang berbeda – beda dan beragam macamnya. Untuk
itu, seorang PR membutuhkan media yang dapat membantunya menjangkau
stakeholder, dan media tersebut adalah media massa. Tentu saja media massa akan
membantu jika hal tersebut dapat memberi keuntungan untuknya, dan diminta
dengan cara yang baik. Oleh karena itu dibutuhkan hubungan yang baik antara
praktisi public relations (pr) dengan instansi media agar media
menyampaikan kepada masyarakat mengenai organisasi atau lembaga praktisi public relations (pr) bekerja dengan positif.
Adapun tujuaan
adanya media humas atau public relations
(pr) yaitu untuk mendapatkan
penyiaran mengenai organisasi, untuk mendapatkan pemberitaan yang baik,
untuk membangun hubungan yang baik antara organisasi dan masyarakat, Evaluasi organisasi,
meningkatkan kredibilitas organisasi, mempermudah menambah pelanggan baru bagi
organisasi, mengontrol informasi yang disampaikan oleh media, meningkatkan
profil diri, meningkatkan investor, kemudahan dalam akses media massa, menekan
opini masyarakat, dan Mendapatkan slot pemberitaan.
Menyadari
potensi yang dimiliki oleh media massa dalam menyebarkan informasi dan berita,
maka diperlukan pemikiran tentang pemilihan media dan informasi, sehingga
segala kegiatan promosi yang dilakukan oleh Humas benar-benar dapat
dipubliasikan secara efektif efektif dan efisien. Jenis media yang seri
digunakan oleh praktisi yaitu : Media cetak (jurnal inhouse, surat kabar,
majalah), Online media (website, blog,
media sosial, email), Broadcasting media (radio, televisi), Special event
(seminar, workshops), Outdoor media - media luar ruang (spanduk, papan reklame,
poster) .
John
Vivian (2008,344) memberiakan perhatian khusus pada posisi media relation,
bahwa PR memiliki tiga tanggung jawab fungsional yg berkaitan dg fungsi media
relation yaitu : Relasi eksternal (komunikasi yg dijalin dg kelompok
orang-orang diluar perusahaan, konsumen, deler, supplier, tokoh masyarakat, orang-orang
pemerintah), Relasi internal (komunikasi yg dikembangkan untuk menjaga hubungan
antara karyawan, manajer, serikat pekerja, pemegang saham dan kelompok internal
lainnya), dan Relasi media (komunikasi
yg dilkukan perusahaan dg media massa) .
Aktivitas
media relation pd umumnya dijalankan oleh departemen pr, bentuk aktivitasnya
berupa: pengiriman siaran pers, menyelenggarakan special event, menyelenggarakan
konfrensi pers, menyelenggarakan wawancara khusus, menyelenggarakan media
gathering, menjadi narasumber media, dan mengadakan perjalanan pers.
Media
humas internal yaitu suatu sarana penyampaian dan penerimaan informasi di kalangan
publik internal perusahaan, dan biasanya bersifat non komersial. Penerima
maupun pengirim informasi adalah orang dalam atau orang dalam atau public
internal, terdiri atas pimpinan, angota, pegawai, maupun unit-unit kerja yang
ada di dalam perusahaan tersebut. Media humas internal meliputi jurnal internal, papan pengumuman, kaset video,
stasiun radio sendiri, jaringan telepon internal, kotak saran, intensif bicara,
siaran umum, obrolan langsung, dan dewan pekerja.
Media
humas eksternal adalah segenap kegiatan humas yang diarahkan kepada khalayak di
luar perusahaa. Fokus dari humas eksternal adalah hubungan dengan media. Media eksternal
sangat berpengaruh besar dalam publisitas suatu organisasi yang bersangkutan. Media
humas eksternal meliputi jurnal eksternal, media audiovisual, literatur
edukatif, komunikasi lisan, dan pameran.
Daftar pustaka
Ruslan, Rosady. 2010.
Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers.
Effendy, Onong Uchjana.
2009. Human Relations & Public Relations. Bandung : Mandar Maju.
http://www.dosenpendidikan.com/14-pengertian-media-menurut-para-ahli-terlengkap/
diakses 11 desember 2017
https://pakarkomunikasi.com/tujuan-media-relations
diakses 11 desember 2017
https://dinarjamaudin07.wordpress.com/2014/01/28/media-relations/
diakses 11 desember 2017
http://fatmawati-ilmukomunikasi-untad.blogspot.co.id/2014/08/media-humas-internal-dan-eksternal.html
diakses 11 desember 2017

Komentar
Posting Komentar