PERENCANAAN PROGRAM PUBLIK RELATION



PERENCANAAN PROGRAM PUBLIK RELATION
indahnya maha karya tuhan

Definisi perencanaan menurut Erly Suandy (2001:2) yaitu merupakan proses penentuan tujuan organisasi (perusahaan) dan kemudian menyajikan (mengartikulasikan) dengan jelas strategi-strategi (program), taktik-taktik (tata cara pelaksanaan program) dan operasi (tindakan) yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan secara menyeluruh.
Kaufman (1972) memandang bahwa perencanaan itu adalah sebagai suatu proses untuk menetapkan “kemana harus pergi” dan bagaimana untuk sampai ke “tempat” itu dengan cara yang paling efektif dan efisien.
Nana Sudjana (2000;61) mengatakan bahwa perencanaan adalah proses yang sistematis dalam pengambilan keputusan tentang tindakan yang akan dilakukan pada waktu yang akan dating.
Dari penjelasan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa Perencanaan adalah suatu proses pemilihan dan pemikiran yang menghubungkan fakta-fakta berdasarkan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa datang dengan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan tertentu yang diyakini diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dan menguraikan bagaimana pencapaiannya.
Pengertiaan menurut Sunarto, S.Kom adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode skema, ataupun bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.
Seorang public relations harusb melakukan perencanaan program kerja baik itu jangka panjang maupun jangka pendek, yang harus direncanakan dengan cermat dan hati – hati, sehingga akan diperoleh hasil – hasil yang nyata. Program tersebutharus berhubungan dengan tujuan organisasi, maka seorang praktisi PR harus memahami apa yang sedang dilakukan manajemen, bahwa mereka adalah bagian dari tim manajemen.
Secara umum pengertian dari perencanaan program kerja public relations yaitu terdiri dari semua bentuk kegiatan perencanaan komunikasi baik kegiatan ke dalam maupun ke luar antara organisasi dan publiknya yang tujuannya untuk mencapai saling pengertian.
Perencanaan program kerja public relations tersebut, berkaitan dengan pengertian perencanaan, wujud rencana kerja dan alasan dilakukannya perencanaan kerja program PR, termasuk manfaat dan klasifikasi perencanaan kerja tersebut.
Alasan  adaanya perencanaan program public relations yaitu: Untuk menetapkan target-target operasi humas yang nantinya akan menjadi tolak ukur atas segenap hasil yang diperoleh, untuk memperhitungkan jumlah jam kerja dan berbagai biaya yang diperlukan, untuk menyusun skala prioritas guna menentukan jumlah rogram dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan segenap program humas yang telah diprioritaskan itu, untuk menentukan kesiapan atau kelayakan pelaksanaan berbagai upaya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan jumlah dan kualitas personil yang ada dan daya dukung dari berbagai peralatan fisik serta anggaran dana yang tersedia.
Hal-hal yang perlu diingat dalam perencanaan program-program public relations: Jam kerja, prioritas, penentuan waktu, sumber daya, peralatan, anggaran.
Manfaat yang diperoleh dari pembentukan perencanaan kerja public relation (pr), yaitu : Membantu pihak manajemen organisasi untuk mampu beradaptasi terhadap lingkungan yang berubah-ubah, mengefektifkan dan mengefesienkan koordinasi atau kerjasama antara departemen dan pihak terkait lainnya, menghindari resiko kegagalan dengan tidak melakukan perkiraan atau perencanaan tanpa arah yang jelas dan konkret, mampu melihat secara keseluruhan kemampuan operasional organisasi, dan menetapkan klasifikasi rencana kerja public relation (pr), yaitu renacana strategi, rencana tetap dan rencana tertentu.
Dalam pembentukan perencanaan program kerja public relation (pr), dimana perlunya seorang praktisi khusus harus terlebih dahulu mengetahui dan dapat memahami tujuan yang akan dicapai oleh organisasinya, jika tidak memahami dan mengetahui dengan pasti tujuan organisasi sebelum melakukan perencanaan program public relation (pr), akibatnya timbul hambatan-hambatan, yaitu : Kegagalan manajemen menyertakan para pelaksana untuk turut serta mempertimbangkan perumusan kebijakasanaan dan program kerja organisasi, kurang tercapainya kesepakatan mengenai tujuan-tujuan dari pelaksanaan program public relation (pr), kurang waktu karna tersita oleh pembahasan-pembahasan mengenai permasalahan sehari-hari, dan keterlambatan dan frustasi yang dialami pelaksana karna kurangnya koordinasi departemen terkait.
Apapun jenis perencanaan, akan selalu mengikuti langkah-langkah tertentu, dimana langkah-langkah tersebut sebut yaitu : Menentukkan kebutuhan, kemudian memprioritaskan satu atau beberapa yang menjadi tujuan perencanaan, melakukan ramalan dan menentukan program serta alternatif-alternatif pemecahan, menspesifikasi program, dan memilih alternatif pemecahan.
Ada tiga dasar yang hakiki agar rencana program public relation (pr) dapat berhasil baik, yaitu : rencana program kerja harus dibuat dengan teliti dan harus didukung oleh pihak manajemen, rencana program kerja tersebut harus mempunyai tujuan, dilakukannya pengarahan mengenai rencana program tersebut.
Adapun faktor utama rencana program public relation (pr) seerti : Kegiatan yang dituangkan dalam bentuk proposal perencanaan kerja public relation (pr), perencanaan anggaran yang merupakan faktor yang penting, perizinan dari yang berwenang, strategi pelaksanaan kegiatan, rapat, perekrutan karyawan yang akan dilibatkan dalam pekerjaan termasuk jobdescriptionnya, penyediaan sarana untuk hal – hal yangakan muncul secara tidak terdugat.

DAFTAR PUSTAKA
Suandy, Erly. 2003.Perencanaan Pajak Edisi Revisi. Salemba Empat. Jakarta.
Majid , Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Pt Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nurjannah. 2013. Hubungan Internal.Pekanbaru : CV. Witra Irzani
Ardianto, Elvinaro. 2011.Public Relations Pengantar Komprehensif. Bandung :Simbiosa Rekatama Media.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPANYE PUBLIC RELATIONS (PR)

PENENTUAN TARGET DAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS

profil, macam-macam, dan pola public relation (pr)